Strategi Target Pasar – Terkadang kendala yang cukup menjadi perhatian dalam bisnis UMKM yaitu tidak dapat menentukan segmentasi maupun target pasar yang benar. Padahal, menganalisis target pasar ini sangatlah penting untuk mendapatkan banyak konsumen, penjualan, maupun transaksi yang bagus. Oleh karena itu, pertanyaan dasarnya yaitu bagaimana mengetahui pelanggan yang akan menjadi target jualan anda. Oleh sebab itu, sebelum memulai bisnis mikro ini ada baiknya mengetahui target pasar yang tepat terlebih dahulu.
Daftar isi
Pengertian
Target pasar adalah sebuah aktivitas dan kegiatan untuk menyeleksi maupun mengelompokkan calon konsumen berdasarkan segemtasi mereka. Anda dapat memperoleh dan mengolah data calon pembeli dari segmentasi ini. Produk mana yang paling cocok dengan karakteristik dari pasar tersebut.
Lebih lanjut, tujuan dari penentuan strategi target pasar ini sendiri yaitu mengarahkan kegiatan pemasaran kepada calon konsumen sesuai dengan karakter mereka. Sehingga ada target yang lebih spesifik maupun lebih mengerucut dan dengan teknik ini usaha anda akan tahu posisinya berada di mana.
5 Cara Menentukan Target Pasar
Ada beberapa poin penting yang harus anda tahu dalam hal penentuan target pasar. Lakukan beberapa cara di bawah ini sebagai solusi dan alternatif dari apa yang mungkin telah anda lakukan sekarang ini.
1. Analisis Konsumen
Dalam menjual produk tidak ada salahnya untuk menentukan siapakah yang akan menjadi konsumennya. Akan tetapi, dalam menentukan siapa yang akan membeli sebuah produk harus memilah beberapa kategori dari calon pelanggan tersebut. Berikut adalah variablenya :
A. lokasi
Pada segmentasi ini merupakan penentuan kelas berdasarkan wilayah atau geografinya. Tujuan dari segmen ini adalah untuk mengetahui hubungan target pasar. Dengan adanya kelas secara geografis nantinya diharapkan akan mampu mengetahui setiap kebutuhan pada masing-masing wilayah tersebut.
Setiap wilayah akan dianalisis karakteristik, produk terlaris, hingga meningkatkan kebutuhan konsumen pada level tertentu. Oleh sebab itu, dalam implementasinya untuk bisnis UMKM kelompok pasar berdasarkan geografis janganlah terlalu meluas dahulu. Tentukan yang terdekat dengan lokasi usaha anda agar tidak terlalu memakan cost.
B. Demografi
Untuk segemtasi yang mengarah pada demografi erat kaitannya dengan data konsumen. Misalnya saja klasifikasi berdasarkan gender, umur, maupun jumlahnya. Tujuan dari segmentasi pasar ini yaitu untuk menentukan produk yang pas dalam data tersebut.
Contoh penjualan produk hijab model stylis, maka penentuannya yaitu secara gender wanita, umur 15-30 tahun, dan secara umum remaja. Untuk para orang tua kurang cocok dengan produk ini karena model yang terlalu muda, sehingga kurang pas untuk target ini.
C. Psikologi
Target pasar dalam psikologi yaitu memandang atas berbagai variable seperti gaya hidup, karakter, maupun tingkat ekonomi. Cara ini dapat ditentukan dengan melihat tingkat pendapatan, pekerjaan, pendidikan, hubungan sosial, maupun sebagainya. Pada tingkat psikologi ini sangat erat dengan kepercayaan, minat, maupun nilai yang ada di dalamnya.
2. Kebutuhan Konsumen
Langkah selanjutnya yaitu dengan menganalisis apa kebutuhan pasar sekarang ini. Alternatif untuk melakukan kegiatan ini salah satunya dengan tes produk. Dengan demikian, pelaku bisnis akan mengetahui kebutuhan calon konsumen dengan produk yang ditawarkan tersebut.
Tes produk atau penawaran ini dapat anda lakukan dengan mengikuti, event sponsorship, pameran, bazaar, atau kegiatan lainnya. Di sini bertujuan untuk mencari informasi mengenai kebutuhan pasar tersebut.
3. Evaluasi
Penilaian terhadap konsumen juga perlu dilakukan dengan cara mengevaluasi beragam produk sesuai dengan kebutuhan pasar tersebut. Hal ini perlu dilakukan oleh pelaku UMKM agar mengetahui minat dan ketertarikan sebuah produk yang ada tawarkan.
4. Pola Pemasaran
Untuk dapat menentukan strategi pasar, maka perlu analisis yang dalam. Pada dasarkan masing-masing pasar mempunyai karakteristik dan perbedaan dalam membeli produk. Selain itu, memanfaatka sosial media sebagai alat untuk mempromosikan dan menjual produk tersebut. Atau bisa saja melakukan kerjasama bisnis dengan pihak agent markting untuk meluaskan pasar.
5. Respon Pembeli
Berjalannya sebuah startegi efektif atau tidak tentu harus ada evaluasinya, salah satunya yaitu dengan melihat respon pasar. Dari evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan penjualan sebuah produk. Anda dapat melihat respon konsumen dari review, ulasan, maupun kontak langsung dalam menanggapi produk.
Oleh karena itu, tangkap dan cermati dengan baik respon tersebut. Jangan-jangan sebagian besar orang juga akan merespon yang sama. Sehingga anda mempunyai data akuran untuk menginovasi maupun mengeluarkan produk baru.
Itulah beberapa tips dalam cara strategi target pasar yang mungkin saja berguna bagi pelaku UMKM. Silakan tinggalkan komentar dan pertanyaan agar pelaku usaha yang lain dapat juga merasakan manfaatnya.
Jika Anda sekatang membutuhkan jasa proposal bisnis untuk pengajuan ke investor, maka jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga. Di sini kami menawarkan jasa pembuatan bisnis plan untuk berbagai jenis usaha.