Google Bisnisku – Sudah sangat lazim jika mencari segala sesuatunya melalui smartphone untuk mengakses internet. Buka handphone dan mencari segalanya di Google. Begitu juga ketika mencari tempat makan, maka misalnya saja dengan segera jari-jari mengetik “Warung Makan Steak”. Contoh lainnya seperti akan membeli perlengkapan rumah tangga, kasur, atau bahkan membeli baju, cincin, jam, maupun barang sejenis lainnya. Maka, mesin pencari Google yang sangat membantu untuk merekomendasikan di mana dan tempat apa yang paling cocok untuk berbelanja.
Maka dari itu, inilah penting melisting sebuah tempat usaha di Google, salah satu fitur yang paling terkenal yaitu Google Bisnisku. Lalu apakah sepenting itu sebuah tempat bisnis harus delisting ke dalam Google My Business? Dampak apa saja yang nantinya dapat menjadi keuntungan bagi pemilik usaha?. Simak terus ulasannya di bawah ini.
Baca Lainnya : 7 Cara Membuat Proposal Bisnis yang Baik dan Benar
Daftar isi
Pentingnya Bisnis Terlisting di Internet
Internet mempunyai dampak yang cukup luas bagi para pemilik usaha. Karena dengan memanfaatkan internet jangkauan konsumen lebih luas serta lintas batas wilayah dan waktu. Dengan demikian, sebuah bisnis akan lebih cepat terkenal oleh banyak orang dan dampaknya pada penjualan.
Sebenarnya ada banyak cara agar sebuah bisnis dapat mampang di internet dan berpotensi banyak konsumen yang lebih mengenalnya. Contoh yang paling lazim yaitu dengan membuat website, media sosial, market place, maupun bergabung di dalam komunitas online.
Akan tetapi, satu lagi yang jangan anda tinggalkan juga, yaitu dengan membuat profile usaha di Google Bisnisku. Di sinilah anda dapat memperoleh pangsa pasar baru dengan memanfaatkan berbagai fitur bagus agar omzet dalam usaha akan jauh lebih meningkat.
Berdasarkan data dari Google, ada penambahan sekitar 35% jumlah kunjungan dalam sebuah situs melalui Google My Business tersebut. Seseorang saat mengakses Google Search dan mencari tempat, maka yang terjadi Google akan menampilkan peta, alamat, nomor telepon, yang terdapat dalam Google Bisnisku.
Oleh karena itu, banyak para pebisnis, umkm, hingga perusahaan besar memanfaatkan platform ini. Beberapa fitur yang ada dalam platform ini memang sangat bermanfaat untuk menunjang kemajuan, meraih pasar baru, serta cukup berdampak positif untuk bisnis.
Perlunya Daftar di GMB
Google My Business (GMB) sangat berdampak pada rating pencarian sebuah lokasi atau tempat. Local citation ini mendukung seseorang untuk melisting profile perusahaan dan akan dengan mudah konsumen klik peta, nomor handphone, hingga melihat produk yang ia jual.
Selain itu GMB juga sangat mudah digunakan, di sini selain sebagai pelistingan tempat usaha, fitur di dalamnya juga terdapat posting, update, hingga pembuatan website. Maka dari itu alasan perlunya ada melisting lokasi bisnia di GMB adalah sebagai berikut :
Tampil di Mesin Pencari
Alogaritma yang ada pada mesin pencari dari US tersebut biasanya mengutamakan lokasi geografis pengguna. Ketika anda menelusuri dan mencari sesuatu tempat, maka Google akan merekomendasikan tempat paling terdekat di sekitaran anda. Dengan demikian, GMB mempengaruhi rating local business yang ada pada wilayah tertentu. Hal ini sangat bagus mengingat nantinya usaha anda dapat muncul di peta maupun pencarian Google berdasarkan lokasi wilayah.
Cari Lokasi via Maps
Selain muncul pada penelusuran, bisnis yang sudah terdaftar di GMB juga akan muncul pada pencarian maps. Dengan demikian, konsumen nantinya dapat mengunjungi secara langsung atas bantuan rute yang ada di GMB. Tentunya hal ini akan sangat memudahkan konsumen untuk datang dan berkunjung ke tempat bisnis anda.
Telepon
Selain peta, Google Bisnisku juga melisting nomor telepon usaha anda. Dengan informasi tersebut, maka sudah barang tentu ada potensi konsumen langsung menelpon dan mengorder produk yang anda jual.
Pangsa Pasar Baru
Beragam produk dan kemudahan dalam mengakses profile di Google Bisnisku, maka tidak menutup kemungkinan untuk merambah pasar dan konsumen baru. Di sini juga dapat menampilkan banyak foto produk, perusahaan, jam buka, hingga testimoni dan komentar konsumen. Dengan beragam fitur yang ada tersebut sudah barang tentu buat konsumen jauh lebih mudah dan menghubungi bisnis anda.
Baca Lainnya : Strategi Bisnis : Pengertian, Fungsi, dan 5 Konsep Terbaik
Branding Usaha dan Fitur GMB
Beberapa poin di atas merupakan alasan kuat kenapa anda harus melisting profile di GMB. Tentu, akan banyak manfaat yang didapat dengan mendaftar di sana. Berikut beberapa keuntungan yang ada jika bisnis anda terpampang di GMB.
Branding
Jika bisnis anda telah terverifikasi di Google Bisnisku maka akan ada potensi untuk memiliki trust dan kepercayaan konsumen. Hal ini sangat baik untuk membentuk citra positif dan image bagus sebuah usaha. Berbagai informasi seperti alamat, produk, nomor telpon, dan sebagainya akan lebih mempercayakan konsumen untuk melakukan pembelian.
Pengelolaan Informasi Pengguna
Layanan yang ada dalam GMB sangat komplit. Salah satunya yaitu Insight yang memajang data pengguna yang datang untuk melihat bisnis anda. Berapa data kunjungan per-hari, bulan, dan per-tahunnya. Tren waktu kapan yang terjadi, hingga berapa kali foto-foto yang dilihat oleh pengunjung. Oleh karena itu, hal ini dapat menjadi informasi yang bagus untuk mengembangkan ide dan strategi bisnis ke depannya.
Interaksi
Google Bisniku mempunyai fitur pesan yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk berinteraksi dengan konsumennya. Selain itu, fitur kolom pertanyaan juga tersedia di sana. Dengan demikian pemilik bisnis akan dengan mudah melakukan interaksi dengan konsumen, menjawab pertanyaan, hingga membalas review pelanggan.
Klik Website
Usaha yang mempunyai website juga dapat di arahkan dari GMB. Fitur ini memungkinkan konsumen untuk meng-klik website bisnis anda di sana. Jika pelanggan tidak puas dengan informasi di GMB, maka dapat mengklik website resmi perusahaan. Sehingga ada kemungkinan website perusahaan anda lebih banyak pengunjung.
Wawasan
GMB juga dapat memberikan wawasan untuk para pemilik bisnis. Di sana anda dapat menemukan berbagai informasi cara konsumen berinteraksi dan menelusuri bisnis anda. Selain itu, anda dapat mengetahui informasi dari mana saja konsumen yang mengunjungi profile bisnis tersebut. Pengelolaan informasi ini dapat menjadi acuan dalam mengembangkan lokasi bisnis atau cabang selanjutnya.
Posting Update
Fitur lainnya yang juga cukup bagus yaitu dengan posting dan update. Pemilik usaha dapat memajang informasi baru dan produk yang mungkin saja terdapat promo, tawaran menarik untuk konsumen. Google sendiri merekomendasikan bahwa untuk dapat memperbaharuhi informasi dalam laman ini. Karena, semakin update informasi akan semakin di sukai oleh alogaritma Google.
Rating
Untuk lebih power full dalam mengelola Google Bisnisku, maka mintalah review dan rating kepada pelanggan. Jika hal ini susah, ada baiknya memberikan gift bagi yang mau memberikan review positif untuk laman GMB anda. Review akan sangat mempengaruhi performa di Google My Business ini, sehingga ada baiknya untuk pelanggan terus memberikan review yang baik. Di sini letak trust dan kepercayaan konsumen yang mendasari pengalaman pengguna lain dalam membeli produk anda.
Itulah beberapa poin pentingnya melisting bisnis anda di dalam Google Bisnisku. Jika sekarang anda belum mendaftar di sana, ada baiknya jangan menunda waktu lagi. Segera daftarkan dan pajang profile bisnis, peta, telepon, hingga foto-foto produk di sana.